Tujuan Kerja Sama Dalam cscw
1.Kemitraan terfokus: kerja sama antara dua pemakai yang saling membutuhkan untuk menyelesaikan tugas.
2.Kuliah atau demo : Seseorang membagikan informasi kepada banyak pemakai di tempat lain. Waktunya dijadualkan.
3.Konferensi : Komunikasi kelompok dengan tempat dan waktu yang berbeda.Proses kerja terstruktur. Orang yang peranannya berbeda bekerja sama dalam tugas yang berhubungan.
Bentuk KerjaSama cscw
1.Electronic commerce : Kerja sama jangka pendek untuk mencari informasi dan memesan
produk, dan jangka panjang untuk perjanjian atau kontrak bisnis.
2.Rapat dan dukungan keputusan: Rapat tatap muka menggunakan komputer dengan membuat
kontribusi simultan.
3.Teledemokrasi: Pemerintah melakukan rapat jarak jauh, menampilkan komentar dewan,
mencari konsensus melalui konferensi, debat,dan pemungutan suara online.
Pengelompokan Sistem Kerja Sama dalam cscw
Matriks waktu-ruang untuk mengelompokkan sistem kerja sama (Ellis et al. 1991):
Penerapan CSCW pada Pendidikan
Koordinasi siswa dalam kelas virtual adalah proses yang rumit namun dapat memungkinkan pengalaman pendidikan yang mendorong bagi orang-orang yang tak dapat bepergian ke kelas biasa.
Pengalaman belajar oleh individu yang lebih aktif termasuk menggunakan software di jam pelajaran, misalnya untuk:
1.Menulis esai atau puisi.
2.Mencari peristiwa-peristiwa penting dalam kelas
3.sejarah.
4.Menjalankan simulasi bisnis untuk meningkatkan
5.kualitas produk.
6.Melakukan analisis statistik.
7.Melakukan landscaping dengan CAD dan paket
8.grafik.
9.Menulis program komputer.
10.Mencari di Internet.
0 komentar:
Post a Comment