Your Ad Here

Monday, March 22, 2010

Model - Model Sistem Interaksi

    Model-model sistem interaksi merupakan suatu bagian yang sangat penting dalam suatu sistem uyang saling berhubungan . Suatu model dapat dikategorikan dari segi jenis, dimensi, fungsi, tujuan pokok keabstrakannya. 

Model-model sistem dapat dibagi menjadi 4 bagian yaitu :

1.Model ikonik
2.Model analog
3.Model Simbolik
4.Model Matematis


Untuk Lebih jelasnya dapat anda lihat dari penjelasan di bawah ini :

a. Model ikonik

    Model ikonik adalah perwakilan bentuk fisik dari suatu hal yang baik dimana saling seimbang atau ideal dalam skala yang berbeda. Karakteristik yang dimiliki sama dengan yang diwakili dalam waktu peeristiwa yang spesifik juga. Model yang satu ini dapat berdimensi dua anatara lain foto, peta, dan lain sebagainya. Ataupun berdimensi tiga (protosip mesin, alat), sedangkan jika lebih dari dimensi tiga tidak bisa dikonstruksikan secara fisik, sehingga memerlukan kategori yang simbolik.

b.Model analog 

    Model yang satu ini dapat mewakili situasi yang dinamik, dalam arti kondisinya dapat berubah-ubah tergantung waktu. Model analog biasanya digunakan untuk menjabarkan hubungan kuantitatif anatara sifat dan kelas-kelasnya yang berbeda.Contoh: kurva permintaan serta diagram alir.

c.Model Simbolik 

    Ilmu sistem memusatkan kepada model simbolik sebagai perwakilan realita yang sedang dikaji. Format model simbolik dapat berupa angka, simbol maupun rumus. Jenis model simbolik pada umumnya dipakai dalam suatu persamaan, dimana bentuk persamaan tersebut harus tepat, singat, dan mudah untuk dipahami. Suatu persamaan dapat dikatakan bahasa yang universal (luas) pada penelitian dari suatu operasional dan ilmu sistem, dimana berkaitan dengan logika simbolis.

   Pada umunya model matematis dapat dikelompokkan menjadi dua bagian. Suatu model adalah bisa statis atau dinamis. Model statis memusatkan pada titiktunggal dari waktu, sedangkan model dinamis menelusuri jalur waktu dan peubah-ubah model. Model dinamik lebih rumit dan mahal dari segi pembuatannya, namun memebrikan kekuatan yang tinggi pada saat analisis dari dunia nyata.

d.Model Matematis

  Ada dua bentuk model matematis yang biasa digunakan ,yaitu model matematis desktriktif dan model matematis normatif.

a.Model Matemeatis Deskriptif

  Suatu model yang mendeskriktifkan beberapa aspek dari sistem yang di modelkan,seperti keadaann pada masa datang atau karakteristik operasi.

b.Model Matematis Normatif

  Model untuk mengambil keputusan dar suatu masalah yang harus diputuskan satu atau lebih pembuat keputusan.Adapun beberapa masalah dasar yang terdapat dalam setiap pengambila keputusan adalah sebagai berikut  :

1.Peubah Keputusan
2.Fungsi Tujuan
3.Kendala 

Sumber :

google.com
Bing.com

3 komentar:

Anonymous said...

ini ni...tugas yg anti cari...mkasih ya!!!!

Mr.Gm on April 3, 2010 at 7:55 AM said...

Sama2 ,Ambil Aja unTUk Anda ,SAling BErbagi Lebih BAik . .

Betz on May 26, 2011 at 9:35 AM said...

mas mau nanya klo contoh model ikonik apa ya?

klo model statis penjelasannya gmn?

Post a Comment

 

My Room Temperature

My Pressure

My Humidity