Your Ad Here

Friday, May 20, 2011

Abstraksi Penulisan Ilmiah

Ahmad Gumelar 20108134

PERINGATAN DINI BAHAYA BANJIR DENGAN MENGGUNAKAN IC ATMEGA 8535

PI. Sistem Komputer, Fakultas Ilmu Komputer dan Teknologi Informasi,
Universitas Gunadarma, 2011

Kata Kunci : buzzer, LCD, LED, mikrokontroler, sensor

       Bahaya Banjir sangat sulit untuk diprediksi , hujan deras yang sangat sering terjadi menimbulkan ketinggian air di dalam bendungan semakin tinggi.Banyak masyarakat yang tidak mengetahui kapan bencana banjir datang. Mereka hanya bisa mengira-ngira kapan banjir akan datang, karena keterbatasan manusia dalam memprediksi cuaca. Ketika banjir datang mereka hanya bisa melihat benda-benda miliknya terendam air.

     Peringatan Dini Bahaya Banjir Menggunakan IC ATMEGA 8535 merupakan alat yang dapat mendeteksi ketinggian air.Alat ini dapat bekerja dengan menggunakan 4 buah sensor air dimana masin-masing sensor dipasang menurut ketinggian masing-masing.Alat ini dilengkapi dengan LED sebagai peringatan warna lampu sebagai indicator ,LCD sebagai penampil tingkat ketinggian air dan juga buzzer sebagai peringatan bahwa ketinggian air sudah melewati batas dan banjir akan datang.Dengan demikian masyarakat dapat mengetahui bagaimana bahaya banjir akan datang.

Daftar Pustaka (2008-2011)
Read rest of entry

Sunday, May 8, 2011

Lagu Yang Indah Untuknya


  Pernah pada satu waktu saya membuat lagu untuk seseorang , lagu yang sederhana yang mungkin tidak indah untuk orang yang mendengar tapi sangat indah ketika dia yang mendengar.Lagu itu kubuat pada saat ku SMA , lagu yang tanpa judul dengan rangkaian yang pendek.



 Entah kenapa pada waktu itu saya bisa membuat lagu , padahal yang terpintas pada saat ku SMA adalah belajar belajar dan belajar.Wanita memang bisa membuat pikiran kita hilang untuk sementara, dengan senyumanya saja kita bisa terbuai asmara.

  Lagu itu pun aku nyanyikan dengan suara yang pas-pasan untuknya , yah maklum saja saya tidak bisa bernyanyi dengan baik tapi setidaknya saya mencoba.Setelah saya bernyanyi dia tersenyum kepadaku dengan mengucapkan terima kasih karna telah membuatkanya lagu. Sampai saat ini pun aku tidak akan bisa melupakan moment tersebut :)
Read rest of entry

Dimanakah Pemerintah


    Sering kali kita lihat di jalan terdapat pengamen dan pengemis.Sebagian dari mereka yang bekerja adalah anak-anak di bawah umur ,mereka bekerja untuk memenuhi kebutuhan makan mereka ,Diantara mereka ada yang tinggal di jalan dengan makanan seadanya serta ada yang hidup sendiri tanpa orang tuanya.Yang menjadi pertanyaan adalah dimanakah janji pemerintah yang akan menuntaskan kemiskinan di indonesia yang akan memberikan fasilitas sekolah gratis bagi orang miskin dan yang memberikan pangan kepada mereka.



  Pemertintah hanya berjanji dan berjanji tanpa ada tindakan yang pasti dari mereka , seringkali mereka yang hidup di jalan di usir bahkan tidak sebagian dari anak jalanan yang dijadikan korban penjualan manusia.Sementara yang kita lihat dari angggota DPR yang seharusnya menjawab aspirasi rakyat adalah mereka meminta gedung baru , mereka mendapatkan mobil baru , merekahmendapatkan rumah baru sementara anak jalanan rumah pun tidak ada apalagi berhayal untuk mempunyai mobil.

   Kepada pemerintah jikalau membaca isi blog ini mohon penuhilah aspirasi rakyat , jangan makan uang rakyat , perhatikan rakyat kecil dan berilah mereka anak jalanan tempat tinggal.
Read rest of entry

Selembar Kertas Yang Penuh Ilmu


   Secara tidak langsung kita pasti mengenal yang namanya kertas yang setiap hari pasti kita gunakan untuk menulis dan menuangkan segala curahan hati kita pada selembar kertas putih yang tidak ternoda .Hanya dengan selembar kertas putih saja kita dapat menuangkan apapun hal yang ada di fikiran kita dan kita tuangkan dalam selembar kertas putih tersebut.



  Contohnya, kita ingin membuat sebuah lyric lagu pasti kita menulisnya di dalam selembar kertas tersebut hingga lyric tersbut dapat menjadi lagu yang indah .dengan selembar kertas putih tersebut juga kita dapat menulis sebuah cerita yang terjadi dalam kehidupan kita yang dapat kita jadikan diary pribadi.

  Selembar kertas jangan diremehkan , selembar kertas itulah ilmu yang tidak dapat habis dan tidak akan ditelan waktu , karna setiap saat pasti manusia akan membutuhkanya dan segala inspirasi serta imajinasi akan bisa dituangkan dalam selembar kertas tersebut dan segala ilmu ada dalam selembar kertas putih yang tak ternoda.
Read rest of entry

Kenyang Dengan Rp.10000


    Pada saat ini dimana- mana harga naik , kebutuhan pokok pun mulai menaik ,dari beras , cabai , minyak , ikan dll.Uang untuk makan pun otomatis akan menaik, untuk mahasiswa seperti saya dengan uang jajan yang pas-pasan sangat sulit untuk mengikuti kenaikakn harga pangan tersebut.Untuk makan kenyang saja susah sekali padahal kebutuhan vitamin dan protein harus terpenuhi.


   Makan apakah yang sangat murah tapi sudah terdapat protein , vitamin serta zat besi yang bagus??Menurut saya adalah nasi padang , dengan harga Rp.10000 kita mendapatkan Nasi putuh yang banyak dengan sayuran yang ,enyehatkan seta kuah yang menyegarkan dengan pilihan beraneka ragam lauk , bisa dengan ayam ,perkedel , telur atau usus.

    Disarankan kepada mahasiswa yang uang jajanya pas-pasan bisa menikmati santapan nasi padang dengan hnya mengeluarkan Rp.10000 kita bisa kenyang dan mengucapkan Alhamdulillah :)
Read rest of entry

Bahaya NII(Negara Islam Indonesia)


    Dalam seminggu ini di dalam berita sering kita dengar masalah timbulnya suatu kelompok yang bernama NII(Negara Islam Indonesia).Saya melihat dan mendengar banyak mahasiswa yang dipengaruhi untuk masuk NII .Para mahasiswa ini dicuci otaknya dengan pemikiran bahwa NII itu benar dan yang tidak masuk NII itu adalah manusia yang kafir.Biasanya korban diperas uangnya dengan dalil untuk tersebut dipinjam sementara dan akan dikembalikan dalam waktu yang cukup lama , para korban diwajibkan menyetor uang kepada NII jumlahnya pun tidk sedikit melainkan berjuta-juta.


    Saya membaca koran kompas dan ternyata korba yang masuk ke NII harus di sumpah dan dibawah ini merupakan isi sumpah tersebut :

Bismillahitawakkalna Alalloh La Haula Wala Kuwwata Illahillah/ Wallahi :
  1. Saya menyatakan bahwa ini dihadapan dan atas persaksian komandan tentara pimpinan negara yang bertanggung jawab /
  2. Saya menyatakan bahwa ini dengan sungguh-sungguh karena ikhlas suci hati/
  3. Saya sanggup berkorban dengan jiwa, raga dan nyawa saya serta apa yang ada pada diri saya, berdasar sebesar-besar taqwa dan sempurna-sempurna tawakkalallah bagi/ a : menenggakkan Kalimatillah Lillahi Kalimatillah/ b : mempertahankan berdirinya Negara Islam Indonesia hingga hokum syariat Islam seluruhnya berlaku seluas-luasanya di kalangan bangsa / Indonesia di Indonesia /
  4. Saya akan taat dan patuh sepenuhnya kepada Rasululloh, pimpinan negara dan ulil Amri saya, serta akan menjauhi larangannya/ 
  5. Saya akan membela komandan tentara dan Pimpinan Negara dan Ulil Amri saya serta tidak akan membuat noda/
  6. 6. (tidak diingat Red)/
  7. - /
  8. - /
  9. Allo hu Akbar 3x

   himbauan dari saya jika anda di dekati dengan orang yang anda tidak kenal dan berdalil membawa nama-nama islam adalah  kenali terlebih dahulu orang yang kita ingin kenal ,jangan asal percaya apa yang dia katakan dan lebih dekatkan diri kita kepada sang pencipta yaitu Allah SWT.
Read rest of entry

Pilih Fixie Atau Seli (Sepeda Lipat)

    Akhir-akhir ini di indonesia khususnya di daerah jakarta anak-anak muda zaman sedang gemar mengendarai sepeda.Hal ini terjadi karna sadarnya akan hidup sehat dan untuk mengurangi polusi udara yang terjadi di daerah jakarta.model sepeda bermacam-macam ada yang bermodel fixie , seli , low rider dll.



  Untuk saat ini yang paling digemari anak muda adalah sepeda fixie dan seli.Sepeda fixie sangat digemari karna modelnya yang ramping dan enteng serta sangat modis jika kita membawanya kemana-mana dan kita bisa modifikasi sepeda fixie kita sendiri , kisaran harga sepeda fixie dari harga 1 juta sampai 5 juta.
  Seli atau sepeda lipat digemari karna bentuknya yang kecil dan bisa dibawa kemana-mana karna sepeda jenis ini dapat dilipat, sepeda ini sangat cocok untuk anda yang sering bepergian jauh dengan sepeda dan jikalau anda lelah anda bisa melipat sepeda tersebut dan anda naik kendaraan seperti mobil pribadi atau Bus.

                              Jadi Lebih Baik Mana Fixie Atau Seli.
Read rest of entry

Penulisan Ilmiah Ini Membuatku Bingung


    Sebagai salah satu mahasiswa di salah satu Universitas ternama di indonesia yaitu Universitas Gunadarma yang menduduki peringkat 4 Universitas terbaik di indonesia menurut versi webometrics.com saya sebagai mahasiswa jurusan sistem komputer smester 6 harus membuat penulisan ilmiah atau bisa disingkat (PI) yang di wajibkan membuat alat atau Analisa.


  Sangat sulit untuk menentukan judul PI yang akan dipilih dan harus membuat alat apa,sebulan saya mencari ide dan akhirnya saya dapat judul pi , tapi pembuatan alat ini pun harus saya tunda karna harus membuat 2 alat proyek praktek yaitu praktek sistem tertanam dan interfacing hal inilah yang membuat saya bingung dengan waktu yang singkat saya harus membuat 2 alat proyek dan harus membuat alat PI dengan jadwal sidang yang dekat.

    Akhirnya saya memutuskan untuk mengambil sidang pada bulan juni yang InsyaAllah alat saya sudah berhasil saya buat dengan makalah yang harus diselesaikan,Amin .
Read rest of entry

Kenapa Banyak Orang Takut Dengan Kecoa

     Kecoa atau yang lebih dikenal coro terdapat hampir di seluruh dunia kecuali di daerah kutub karna daya tahan tubuh mereka tidak dapat disesuaikan dengan cuaca yang dingin .Di indonesia jumlah kecoa menurut saya tidak dapat dihitung karna kecoa bertebaran dimana dan sering kali mengganggu kehidupan kita.Bagamana tidak menggangu mereka ada dimana-mana pada saat kita makan kecoa ada di depan kita sedang asyik lewat tanpa takut kematian karna kita bisa membunuhnya dengan mudah yaitu injak dengan sekuat-kuatnya atau semprot dengan gas beracun maksud saya semprotan nyamuk.


    Kecoa sering kali membuat kita takut dan jijik karna mereka sering kali terdapat di kamar mandi ,sedang asyik-asyiknya mandi sambil bernyanyi kecoa muncul dan membuat kaget kita secara respon  kita lompat dan menyiram kecoa tersebut dengan air mandi.

   Hal yang sangat menakutkan lagi pada kecoa adalah pada saat mereka berterbangan , serengkali mereka hinggap di badan kita dan membuat kita risih dan jijik,hal ini biasanya membuat orang lari terbirit-birit agar menjauh dari serangan kecoa tersebut.

   Hal yang sangat menakjubkan dari kecoa adalah kecoa dapat bertahan  hidup jika kepalanya kita potong  dan hanya badan nya yang tersisa , hal tersebut terjadi karn aotak kecoa tidak terdapat di kepalanya melainkan di badanya, tapi kecoa tersebut akan mati karna tidak ada asupan makanan yang masuk ke dalam badanya
Read rest of entry

Kamar Penuh Tawa Dan Canda


   Pada sabtu Kemarin Tepatnya Tanggal 7-4-2012 aku dan teman-temanku berkumpul di salah satu kediaman temanku yang bertempat tinggal di daerah kranji.Disana kami saling bercanda untuk mengisi kekosongan hari yang pada saat itu cuaca sangat panas sekali.Kami bercanda sampai lupa waktu dan akhirnya sore tiba dan kami masuk kamar untuk melepas lelah dan tidur.Sudah di kamar bukanya pada tidur malah keasyikan buka situs kaskus yaitu situs berbagi informasi tentang apa saja dan untuk saling menambah wawasan.

    Pada salah satu thread di situs kaskus kami melihat video balapan sepeda motor liar yang berada di salah satu daerah di indonesia di video itu ketika motor- motor tersebut sedang balapan ada salah satu pengendara yang jatuh dari motornya dan bangun kembali dengan gagah nya mengambil motornya yang jatuh dan apa yang terjadi, ternyata sendal jepit yang dipakai pengendara tersebut tersangkut di blakang kakinya dan tidak bisa terlepas"hahahahahaah" Kami semua di dalam kamar tertawa melihat tingkah tersebut.

 Pada saat itu juga kami melihat thread-thread lain yang ada pada kaskus , sedang fokusnya melihat thread tersebut tiba-tiba komputer yang kami pakai mati dan restart sendiri,Kami pun bubar dan keluar dari kamar dengan tertawa- tawa .
Read rest of entry

Hujan Membawa Surat Tilang

   Seperti biasa saya menjalani hari- hari dengan bangun tidur , mandi , minum teh dan mendengarkan musik.Tapi hal yang tidak biasa terjadi pada hari senin yang tidak bersahabat, hari itu cuaca sedang hujan yang sangat lebat dengan suara petir yang bergemuruh kencang,padahal pada hari itu saya harus berangkat kuliah karna ada jam pagi dan harus mengikuti kuis Pengantarmukaan Periferal Komputer.

  Pada saat itu saya berfikir kuliah apa tidak yah??karna ada kuis penting akhirnya saya berangkat kuliah dengan motor kesayangku yaitu honda supra fit 100 cc berwarna oranye seperti warna kebanggaan persija jakarta dan motornya kuberi nama Ryu.Tidak lupa menggunakan jas hujan berwarna biru agar terlihat dijalanan dan tidak di tabrak dengan kendarran lain karna hujan lebat dan agar sulit untuk melihat.

   Perjalanan dari jakarta sampai ke bekasi menempuh waktu kira-kira 45 menit dan jika saya ngebut biasanya bisa 30 menit atau 20 menit saya bisa sampai kampus di bekasi.Perjalanan sangat melelahkan karna berkendaraan dengan pelan kira-kira hanya 40 km/jam yang biasanya bisa 80km/jam. Sudah 25 menit saya menempuh perjalanan samapi akhirnya sampai akhirnya secara tidak terduga saya  menerobos lampu merah dan dalam hati saya berkata " Kena Tilang Deh" dan benar saja ternyata ada polisi saya diberhentikan.

  Pembicaraan saya lakukan dengan pak polisi ,dan saya menjelasakan saya menerobos lampu merah tidak sengaja pak karna hujan lebat dan pemandangan ke jalan agak terbatas.Polisi pun tidak peduli dan akhirnya saya mendapat surat tilang :( .Sampai kampus dengan baju basah , tampang lesu dengan membawa surat tilang .
Read rest of entry
 

My Room Temperature

My Pressure

My Humidity