Your Ad Here

Sunday, June 6, 2010

Tugas Softskill 9

1. Yang termasuk dalam Karakteristik Suara yaitu :
1.Timbre 3. Pitch
2.loudness 4. Amplify

2. Berikut ini yang merupakan Sensor Memory adalah :
1.Iconic Memory 3. Haptic Memory
2.Echoic Memory 4. Static Memory

3. Yang termasuk Kesalahan Krusial dalam Perancangan Interfaces adalah :
1. Menganggap Semua User Tidak Bisa Menggunakan Komputer
2. Menganggap Semua User Memiliki Kemampuan Yang Sama
3. Menganggap Semua User Tidak Bisa Mendisain Interface
4. Menganggap Semua User Memiliki Kemampuan Yang Sama Dengan Perancang

4. Yang merupakan Good Human Ability adalah :
1. Kemampuan Memahami Yang Tinggi
2. Kapasitas Long Term Memory Yg Tdk Terbatas
3. Mekanisme Konsentrasi Yang Kuat
4. Pemrosesan Yang Lambat

5. Prinsip yang tidak mempengaruhi flexibility suatu sistem adalah :
1.Dialog Initiative 3. Customizability
2.Subtituvity 4. Consisntency
JAWAB

1. A
2. A
3. C
4. A
5. D
Read rest of entry

Tugas Softskill 8

Jawablah A apabila Pernyataan 1 BENAR dan Pernyataan 2 BENAR
Jawablah B apabila Pernyataan 1 BENAR dan Pernyataan 2 SALAH
Jawablah C apabila Pernyataan 1 SALAH dan Pernyataan 2 BENAR
Jawablah D apabila Pernyataan 1 SALAH dan Pernyataan 2 SALAH

1. Perhatikan Pernyataan Berikut :
1. Ergonomy Menitikberatkan pada Karakteristik Fisik Mesin dan Sistem serta bagaimana hal tersebut mempengaruhi Kinerja User.
2. Human Factor meliputi Studi tentang Manusia dan Tingkah Lakunya dengan menggunakan Mesin, Alat-alat Teknologi dan Sistem dalam menyelesaikan tugas.

2. Perhatikan Pernyataan Berikut :
1. Model Human Processor yang menangani Sensor dari Luar disebut Perceptual System.
2. Yang mengendalikan Aksi/Respon adalah Cognitive System.

3. Metode yang digunakan untuk mengukur Kapasitas Short Term Memory yang dimiliki Manusia adalah :
1. Berdasarkan Panjang suatu deret yang di ingat secara Random.
2. Berdasarkan Kemampuan mengingat kembali Item-item secara acak.

4. Perhatikan Pernyataan Berikut :
1. Penalaran Deduktif menarik Kesimpulan secara Logis dari Premis yang diberikan.
2. Jika Kita pernah melihat seekor Anjing berwarna Hitam yang galak, maka kita mungkin berkesimpulan bahwa semua Anjing Hitam adalah galak, hal ini merupakan contoh dari Penalaran Abduktif

5. Perhatikan Pernyataan Berikut :
1. Proses melupakan Informasi terdiri dari 2 bentuk yaitu Decay dan Recall.
2. Decay adalah Proses melupakan nformasi karena Informasi tersebut sudah lama berada pada Long Term Memory sehingga lambat laun akan terlupakan.

JAWAB

1. A
2. B
3. C
4. B
5. C
Read rest of entry

Sony Playstation Move Kontroller Gerak untuk Playstation 3

Pada Konferensi Pengembang Game di San Fransisco, Sony mengumumkan perangkat kontrol gerak untuk PlayStation 3 bernama PlayStation Move yang rencananya dipasarkan akhir 2010. Perangkat ini memiliki sensor kontrol berdasarkan gerakan yang bisa digunakan untuk game High Definition. Perangkat PlayStation Move juga menyediakan sub-controller yang bisa digunakan bersamaan untuk navigasi dalam game untuk karakter dan objek. Selain sub-controller, Sony juga mengumumkan adanya kamera Playstation Eye .


Memang penggunaan PlayStation Move perlu dilengkapi dengna PlayStation Eye untuk mendeteksi pergerakan yang tepat dan posisi dalam ruangan 3D sehingga membuat pemain game seperti berada dalam game.

Pergerakan lambat dan cepat juga dapat dideteksi sehingga permainan tenis dan melukis bisa dilakukan. Untuk kamrea PlayStation Eye dapat digunakan untuk menangkat suara pemain atau gambar pemain yang memungkinkan pengalaman Augmented Reality.

Perangkat kontroller ini juga tidak menggunakan kabel/wireless yang juga dilengkapi bluetooth yang memungkinkan kontroller mentransfer informasi ke sistem PS3 secara wireless.
Saat ini 36 pengembang sudah memutuskan untuk mendukung platform PlayStation Move ini. Dan sampai April 2011 SCE Worldwide Studios berencana merilis 20 game yang bisa menggunakan platform PlayStatiom Move.


Read rest of entry

Nintendo 3DS Perangkat Game Generasi DS Terbaru dengan Teknologi 3D Tanpa Kacamata


Nintendo telah mengumumkan bahwa mereka akan meluncurkan produk baru Nintendo 3DS, sistem perangkat game portabel baru yang akan dirilis sebelum Maret 2011 di Jepang. Sistem ini rencananya akan didemokan pada acara E3 Expo Juni nanti di Los Angeles.
Waau detil tentang perangkat game baru ini masih belum jelas, tetapi Nintendo memastikan bahwa konsol portabel ini akan mengikutkan teknologi 3D tanpa perlu kacamata 3D khusus. Perangkat 3DS ini juga akan kompatibel dengan software DS maupun DSi.

Jadi 3DS adalan penerus seri DS yang pada Desember 2009 sudah laku 125 juta sedunia.
Yang menarik 3DS akan dilengkapi sensor pembaca gerakan pemain dan memiliki spesifikasi hardware baru yang lebih oke sehingga dapat menampilkan gambar lebih baik.
Untuk mendapatkan gambaran kemungkinan tampilan 3D tanpa kacamata, Anda dapat melihat video demo game “Rittai Kakushi e Attakoreda” di Nintendo DSi yang menampilkan simulasi 3D 
Read rest of entry

Main Quake 2 di Browser dengan Teknologi HTML5


Teknologi masa depan untuk web terletak pada HTML 5, hal ini nampak di mana browser-browser terbaru sudah mulai mengadopsinya, salah satunya adalah iPad yang tidak mendukung Flash tetapi mendukung HTML 5 sehingga beberapa situs video juga mulai memiliki versi HTML 5 di mana sebelumnya mengandalkan Flash sebagai video playernya.

Tetapi jangan salah kira kalau HTML 5 hanya cocok untuk animasi atau video biasa, HTML 5 terbukti bisa menjadi suatu platform game dengan adanya port game Quake 2 yang menggunakan teknologi Google Web Toolkit ( serta WebGL, Web Sockets, dll) untuk mengkonversinya ke Javascript. Quake 2 versi HTML 5 ini dikonversi dari versi open source Javanya yaitu Jake2. Yang lebih oke lagi, menurut mereka kecepatan frame ratenya mencapai lebih dari 30 fps.
Bagi Anda yang belum tahu Quake, kami informasikan bahwa game ini adalah game 3D FPS yang pernah sangat popular sebagai penerus Doom.
Saat ini browser yang sudah mendukung HTML 5 adalah Safari dan Chrome.
Read rest of entry

Dragon Age RIlis Maret 2011

Setelah merilis hasil keuangan yang menunjukkan keuntungan yang diperoleh selama kuartal fiskal terakhir yang berakhir pada tanggal 31 Maret, Electronic Arts tampaknya telah mempersiapkan kalau pihaknya telah berencana untuk mengeluarkan  game terbarunya yaitu Dragon Age sebelum 31 Maret 2011 yang akan datang. Dan ini bertepatan dengan berakhirnya tahun fiskal berjalan. Selain itu, pihaknya juga berencana akan merilis game Dead Space 2 pada periode yang sama pula.


Pada dokumen Electronic Arts yang ada juga disinggung tentang periode peluncuran yang sama untuk Bulletstorm, penembak teratas yang berasal dari Epic Games dan People Can Fly studio, game Need for Speed terbaru, yang akan diluncurkan pada acara game dunia E3 mendatang, sebuah game pertempuran terbaru yaitu Fight Night Round 5, game Sims terbaru dan game Spore terbaru, serta kemungkinan terbaru dari game Darkspore.

Sejauh ini, Electronic Arts tampaknya sangat berambisi untuk mendapatkan kembali posisi pertama dalam game penembak jitunya dengan meluncurkan iterasi terbaru dari Medal of Honor dan Crysis 2, yang hadir untuk pertama kalinya pada konsol. Selain itu, pemain juga akan dapat terlibat dalam permainan NBA Jam dan mengalami suatu petualangan baru Harry Potter.

Pada persembahan E3-nya, Electronic Arts juga berencana untuk memamerkan perubahan pada game FIFA 11 yang rencananya akan segera dirilis pada saat peluncuran di musim gugur mendatang. Selain itu, jtermasuk uga dipersiapkan peluncuran beberapa jajaran judul game untuk Project Natal dan PlayStation Move  (sebuah periferal pelacak gerakan untuk Xbox 360 dan PS3).

Sementara itu, kabarnya The Old Republik, game Star Wars berbasis MMO buatan BioWare ini, tampaknya juga turut menyemarakan tahun fiskal 2011 mendatang. Dan ini berarti lebih dari satu tahun dari sekarang. Hm, Kita lihat saja nanti!
Read rest of entry

Tuesday, June 1, 2010

Blogger Menghentikan Dukungannya Pada FTP

Blogger sebagai salah satu layanan hosting blog gratis di dunia yang cukup populer tersebut kini datang membawa kabar baru. Memang layanan tersebut banyak sekali penggunanya karena memang cenderung mudah digunakan dan diatur.

Namun selalu ada saja orang-orang yang lebih memilih untuk memiliki lebih banyak kontrol atas blog mereka tapi tetap menggunakan Blogger. Salah satu caranya adalah dengan menggunakan remote FTP server untuk hosting file dan cukup banyak orang menggunakan ini untuk blog mereka.

Sayangnya, kalau Anda biasa menggunakan FTP ini, maka tampaknya harus segera mencari alternatif lain karena pihak Google kini tengah berencana untuk menghentikan dukungan FTP ini dalam waktu dekat.


“FTP menguras kemampuan kami untuk meningkatkan Blogger, hanya 0.5 persen blog yang aktif yang dipublikasikan melalui FTP. Di samping masalah ini, infrastruktur FTP yang sedang mengalami masalah akan membuat Google mengambil keputusan untuk segera meniadakan dukungan FTP, yang mana mengharuskan kami untuk menulis ulang kode untuk menangani pengolahan FTP kami,” papar Rick Klau, salah satu tim dari Blogger.

Penghapusan dukungan FTP pada Blogger sendiri kabarnya baru akan terjadi setelah tanggal 26 Maret 2010 mendatang. Angka 0.5 persen pengguna kelihatannya tidak banyak namun kalau dibandingkan dengan puluhan juta pengguna Blogger di dunia tentu ini akan cukup berdampak sekali. Mungkin mereka tidak akan menyukainya, tapi Google berusaha membuat transisi ke Blogger yang baru nantinya.

Dengan sebuah tools migrasi khusus akan mengotomatisasikan banyak proses nanti, kemungkinan tools ini baru akan ada 1 bulan mendatang. Google mengatakan bahwa mungkin ini akan terselesaikan dan akan siap menjawab kebutuhan serta pertanyaan apapun dari pengguna Blogger saat ini.
Read rest of entry

Wikipedia Dikemas Dalam Bentuk CDPedia

Mencari sumber informasi apa saja khususnya mengenai sejarah dan ilmu pengetahuan bisa kita dapatkan dengan sekejap di Wikipedia. Ensiklopedi online tersebut memang banyak sekali menyimpan informasi yang valid dan aktual.

Sebuah perkumpulan di Amerika Selatan kini tengah berkutat dalam mengumpulkan data digital dari Wikipedia dan berencana mengemas kumpulan informasi online tersebut ke dalam CD sehingga bisa dengan mudah dimana saja dan kapan saja.

Masih dalam tujuan yang sama, sekelompok pengguna Python di Argentina, PyAr, bertujuan untuk mendistribusikan CDPedia ke sekolah-sekolah terpencil dan tak terkoneksi dengan internet.


CDPedia tersebut diisi dengan berbagai informasi berbahasa Spanyol, yang mana berkapasitas 680MB CD-R atau 4.5GB DVD-R. Aplikasi Bittorrent digunakan sebagai sarana distribusi online yang mana membantu mengunduh file iso images, yang selanjutnya dapat di-burning ke dalam CD-R ataupun DVD-R. Kini CD ini bisa dibuka menggunakan sistem operasi Windows, Linux dan Mac. Konten di dalamnya merupakan kumpulan informasi yang berhasil dikumpulkan hingga pertengahan tahun 2008 silam.

Dalam sebuah sesi tanya jawab antara TechEye dan salah satu pengurus PyAr, Alejandro J Cura, mengatakan bahwa ensiklopedi virtual ini sudah cukup komplit.

“Versi DVD9 kini telah menampung 448,038 artikel berbahasa Spanyol yang dikemas dalam format html pada bulan Juni 2008, dan 98 persennya adalah gambar,” papar beliau. “Versi CD ini memiliki persentase lebih besar berupa artikel serta gambar pendukung.”

Beliau mengatakan bahwa versi CDPedia terbaru akan tersedia pada akhir bulan Maret 2010 mendatang.
Read rest of entry

Paypal Aktifkan Kembali Layanan Withdraw

PayPal membuat pengumuman yang agak mengejutkan bahwa telah menghentikan semua transaksi di India. Banyak usaha kecil, situs toko online serta pengguna Paypal di negara itu menjadi kesulitan. Ini terjadi karena adanya perubahan regulasi mengenai pencairan dana dan aturan hukum baru di India. Untungnya pihak Paypal segera bertindak dan akan segera mengaktifkan kembali layanannya terhitung 3 Maret 2010.

“Kami sedang membuat perubahan untuk mematuhi peraturan India untuk menyelesaikan masalah ekspor barang dan jasa, dan kami mengantisipasi bahwa hari rabu, 3 Maret 2010, kami akan mampu untuk melanjutkan kembali layanan penarikan dana bank,” papar perwakilan PayPal, Farhad Irani. Ini artinya bahwa pengguna Paypal di India akan kembali dapat mencairkan uang di akun Paypalnya. Tentu saja ini merupakan kabar baik untuk pengguna Paypal di India.

PayPal belakangan ini menegaskan bahwa langkah penghentian transaksi pencairan dana pada pengguna Paypal di India dilakukan setelah mendapat tekanan resmi. Paypal terpaksa menghentikan transaksi setelah Reserve Bank of India (RBI) mengeluhkan kurangnya kepatuhan dengan beberapa peraturan dan kebijakan baru.

Ketika PayPal memutuskan untuk mengaktifkan kembali layanannya, pihak Paypal juga membuat beberapa perubahan untuk menangani hal-hal dalam rangka mematuhi hukum setempat. Khususnya, sebagai bagian dari perubahan, pengguna akan diminta untuk mengisi kolom baru yang berjudul ‘Export Code’ bila ingin melakukan penarikan dana bank. Informasi ini diperlukan dalam rangka untuk mengidentifikasi transaksi perdagangan lintas perbatasan, juga untuk mematuhi peraturan hukum baru di India.
Read rest of entry

Digg Luncurkan Aplikasi Khusus Android

Kabarnya Digg baru saja meluncurkan aplikasi aslinya sendiri ke Android Market. Aplikasi yang mendukung fungsi utama Digg ini, termasuk kemampuan Digg untuk membookmark sebuah website dan merekomendasikannya kepada orang lain.

Aplikasi terbaru yang hadir hanya satu minggu setelah Digg meluncurkan kesuksesan terbesar aplikasi aslinya untuk iPhone. Sayangnya, dalam hal ini tidak bisa melakukan link ke aplikasi, karena pada dasarnya Google tidak menawarkan cara yang mudah untuk melakukan itu. Namun demikian Anda dapat dengan mudah menemukannya dengan membuka Android Market pada perangkat Anda yang ada dan menjalankan pencarian untuk “Digg”. Atau gunakan kode QR.


Penggunakan aplikasi ini pada web browser bawaan Android kiranya sudah cukup jelas, dengan adanya penambahan praktis dari toolbar Digg di bagian atas dan menekan tombol atas/bawah di bagian bawah. Ke kanan masing-masing ada sebuah panah yang memungkinkan Anda untuk melihat komentar yang ditinggalkan oleh pengguna Digg yang lain. Sayangnya, Anda belum bisa meninggalkan komentar dari aplikasi Android (atau dapat Anda lakukan dari aplikasi iPhone). Dan dengan rilis API selanjutnya, semoga saja Digg akan ada perubahan ke arah situ. Hm, Kita lihat saja nanti.
Read rest of entry

Tweet seperti Youtube Bakal Meluncur

Twitter menginformasikan bahwa kita bakal bisa menyisipkan tweet seperti menyisipkan/embed video Youtube.
Pada posting blog di http://media.twitter.com/392/tweets-quotes Twitter mengakui bahwa organisasi berita semakin meningkatkan penggunaan tweet dalam liputannya.
Oleh karena itu Twitter melihat kebutuhan ini dan akan meluncurkan fitur “embed this tweet” yang kemungkinan besar diluncurkan besok untuk menjawab kebutuhan tersebut.

Anda bisa melihat tampilan hasil penyisipan tweet seperti berikut:


Read rest of entry

Google Luncurkan Encrypted Search SSL

alam suatu acara konferensi Google I/O 2010, Google baru-baru ini telah mengumumkan peluncuran layanan mesin pencari versi beta terbarunya dengan dukungan enkripsi SSL (Secure Sockets Layer) yang membantu pencarian web secara privasi oleh penggunanya. Fitur tersebut berlabel beta dan bukan sebagai pilihan default sehingga kini telah tayang dan tersedia bagi siapa saja.

“Hari ini Kami dari pihak Google akan secara bertahap menggelar sebuah pilihan terbaru untuk proses pencarian yang lebih aman di https://www.google.com. Ketika Anda melakukan pencarian pada situs https://www.google.com, sebuah koneksi yang terenkripsi terbentuk antar browser Anda dengan Google”, tutur Evan Roseman yang kini bertindak sebagai software engineer di Google.

“Saluran yang terjamin ini dapat membantu melindungi istilah pencarian dan halaman-halaman hasil pencarian Anda dari sadapan yang dilakukan oleh pihak ketiga pada jaringan Anda. Layanan ini meliputi logo yang yang telah dimodifikasi untuk membantu mengindikasikan yang Anda sedang cari menggunakan SSL dan kemungkinan memiliki pengalaman pencarian Google yang agak berbeda”, jelas Evan.

Ada sedikit kelemahan dalam menggunakan koneksi yang aman, maka dari itu beberapa situs telah menerapkan proses login yang canggih. Situs-situs dengan kebutuhan keamanan yang lebih ditingkatkan akan menggunakannya, dan sebagai contoh apa yang terjadi pada proses online banking ataupun pertokoan. Google telah mulai mengadopsi koneksi aman https:// untuk beberapa layanannya, terutama untuk Gmail, yang mana koneksi SSL diaktifkan secara default bagi semua alur proses yang ada.

Pencarian Google terenkripsi terbaru dalam versi beta untuk saat ini, dan yang pasti layanan tersebut belum setara dengan mesin pencarian biasa. Sebagai contoh, koneksi yang aman hanya aktif untuk mesin pencarian utama dan bukan untuk hal-hal seperti Gambar Google atau Google Maps. Pencarian video telah tersedia, disamping nantinya ada pencarian buku, pencarian blog, pencarian secara real time dan lain sebagainya.

Gambar-gambar yang ada masih akan muncul sebagai hasilnya berkat fitur Universal Search, tapi link-link selanjutnya akan memindahkan Anda ke pencarian biasa yang tentunya belum terenkripsi. Mesin pencari tersebut juga akan terasa sedikit lebih lambat karena delay yang disebabkan oleh penanganan SSL. Bagi yang penasaran dan ingin mengetahui lebih banyak mengenai hal ini, Anda dapat melihat halaman bantuan Google untuk pencarian SSL.
Read rest of entry
 

My Room Temperature

My Pressure

My Humidity