Your Ad Here

Saturday, May 29, 2010

Space Elevator


Terkenal diusulkan oleh Arthur C Clarke, sebuah Space Elevator tampaknya sedikit lagi akan mendekati kenyataan.

Sebagai bagian dari kompetisi bernilai 2 juta USD (20 milyar rupiah), robot dengan dukungan laser telah berhasil memanjat kabel panjang hampir satu kilometer yang tergantung dari sebuah helikopter.

Tujuan jangka panjangnya adalah untuk menciptakan cara murah untuk mendapatkan benda ke orbit hanya dengan mengangkat mereka ke orbit dengan menaiki lift menggunakan kabel.

Perangkat tersebut diciptakan oleh LaserMotive, berhasil mencapai puncak dalam lebih sedikit dari empat menit lamanya, separuh waktu dari pemegang rekor sebelumnya, para penemu yang memenangkan hadiah sebesar 900.000 USD (9 milyar rupiah).

“Seluruh tim sangat puas bahwa sistem yang diciptakannya tersebut telah melakukannya dengan baik hari ini”, kata perusahaan, yang berharap untuk meningkatkan kecepatan pada hari ini.

Sistem LaserMotive menggunakan array laser daya tinggi untuk menghasilkan sinar infrared super kuat ke sel surya super hemat, yang mengubah cahaya menjadi tenaga listrik dan mampu menggerakkan mesin.

SpaceWard Foundation, yang menciptakan kompetisi tersebut, mengatakan proyek ini sebagai sesuatu yang serius. “Tujuan kami adalah untuk menghasilkan cukup banyak perhatian dalam proyek, sehingga dalam waktu lima tahun blok pembangunan Space Elevator dasar dapat dibuktikan sebagai sesuatu yang layak, dan desain skala penuh serta konstruksi dapat dimulai”, katanya.

Tantangan terbesarnya cenderung menjadi pembentukan ikatan yang cukup kuat dan cukup terang untuk tetap utuh di atas 60.000 mil jarak ke orbit geosynchronous. Sejauh ini, panitia tidak memiliki pesaing serius.

0 komentar:

Post a Comment

 

My Room Temperature

My Pressure

My Humidity