Your Ad Here

Monday, March 29, 2010

Desktop 3D effects in Linux with Compiz Fusion

    Not Just Linux capabilities in the application server and application-based commnad sophisticated online only. Display a collection of desktop applications and desktop applications are beautiful and easy to use, can now also be found easily in linux.

    At the time of release windows vista, windows Aero features appear to display the 3D desktop effects that have not been felt in the Window Xp.Linux also not to be outdone, linux developers have made an application package compiz and beryl are also able to display the 3D Desktop features advanced beyond windows Aero.

    Over time the Compiz and Beryl developers agreed to a merger and helped a package of new desktop 3D application called Compiz Fusion. In the compiz fusion you can find a variety of desktop effects are included in its various plugins. To see more diverse effects compiz fusion plugins, please follow the following explanation:

Plugins various effects in compiz fusion

1.EXPO

    Securities to zoom out and see all the ports at a time. This effect is useful to move from a single workspace view to a workspace that lain.Untuk activate this effect, check the plugins Expo located at the desktop category

Activating Expo. Press Super +  e


2.Water Effect

   Plugins if you choose you can bring the water effects in desktop.Untuk activate this effect, check the water effects plugins that are in the category effect.

Enabling water effect
1. Enable Water Effect. Press shift + F9
2. Disable water effect. Tap Back shift +  F9

3.Motion Blur

    Plugins if you choose can deliver blur effect when you move an application. To enable this effect check the Motion Blur plugins contained in the category effect.

Enabling Motion Blur
1. Enable Motion Blur. Press Ctrl + F12
2. Disable Motion Blur. Simply hit Ctrl + F12
3. Creating Motion Blur. Press one of the Border window applications, then move toward what you want


4.Paint Fire On Screen

    This plugins if you choose to bring the look of a burning fire in the courtyard desktop.Untuk activate this effect, check the paint on fire on screen motion blur plugins listed in the category effect.

Enabling Paint Fire On Screen
1. Enable Paint Fire On Screen. Press Shift + Super + Click the left mouse
2. Disable Paint Fire On Screen. Press Shift + Super + c

5.Desktop Rotate Cube & Cube

    One interesting effect in compiz fusion. This effect may be present in the form of a desktop display cube box, or move from one window in a mode other kubus.Untuk activate this effect check the plugins desktop cube and rotate cube contained in the desktop category

Enabling Desktop Cube
1. Conducting cube rotation. Press Ctrl + Alt (left click the mouse to the window and movement)
2. Switching to other workspaces. Press Ctrl +  Alt +  Down / Arrow


Thank's
By:Mr.Gm
Read rest of entry

Efek 3D Desktop Di Linux Dengan Compiz Fusion

   
    Kemampuan Linux ubuntu,fedora,opensuse,mandriva dll. Bukan Hanya di aplikasi server dan aplikasi berbasis commnad-line yang canggih saja.Tampilan aplikasi desktop dan kumpulan aplikasi desktop yang indah dan mudah digunakan,kini dapat juga kita temukan dengan mudah di linux.

    Pada saat windows vista dirilis , fitur windows Aero muncul dengan tampilan efek 3D desktop yang belum pernah dirasakan di Window Xp.Linux juga tidak mau kalah ,developer linux telah membuat paket aplikasi compiz dan beryl yang juga dapat menampilkan fitur 3D Desktop yang canggih yang melebihi windows Aero.

    Seiring Berjalannya waktu para developer Compiz dan Beryl sepakat untuk merger dan membantu suatu paket aplikasi 3D desktop baru yang bernama Compiz Fusion.Pada compiz fusion anda dapat menemukan berbagai macam efek desktop yang disertakan dalam beragam plugins-nya. Untuk melihat lebih jauh beragam efek plugins compiz fusion ,silahkan ikuti penjelasan berikut :

Beragam Plugins efek di compiz fusion

1.EXPO

Efek untuk men-zoom out dan melihat semua port dalam satu waktu .Efek ini berguna untuk berpindah dari tampilan worrkspace yang satu ke workspace yang lain.Untuk mengaktifkan efek ini ,beri tanda centang pada plugins Expo yang terdapat di kategori desktop

Mengaktifkan Expo. Tekan Super + e

 
2.Water Effect

Plugins ini jika anda pilih anda dapat menghadirkan efek air dalam desktop.Untuk mengaktifkan efek ini , beri tanda centang pada plugins water effect yang terdapat di kategori effect.

Mengaktifkan water effect

1.Enable Water Effect. Tekan shift + F9
2.Disable water effect .Tekan Kembali shift + F9


3.Motion Blur

Plugins ini jika anda pilih dapat menghadirkan efek blur pada saat anda menggeser suatu aplikasi.Unuk mengaktifkan efek ini beri tanda centang pada plugins Motion Blur yanmg terdapat di kategori effect.

Mengaktifkan Motion Blur

1.Enable Motion Blur .Tekan Ctrl + F12
2.Disable Motion Blur.Tekan kembali Ctrl + F12
3.Membuat Motion Blur.Tekan window Border salah satu aplikasi,kemudian gerakan ke arah yang anda inginkan


4.Paint Fire On Screen

Plugins ini jika anda pilih dapat menghadirkan tampilan api yang sedang terbakar di halaman desktop.Untuk mengaktifkan efek ini, beri tanda centang pada paint fire on screen pada plugins motion blur yang terdapat di kategori effect.

Mengaktifkan Paint Fire On Screen

1.Enable Paint Fire On Screen . Tekan Shift + Super + Click kiri mouse
2.Disable Paint Fire On Screen. Tekan Shift + Super + c



5.Desktop Cube & Rotate Cube

Salah satu efek yang menarik dalam compiz fusion. Efek ini dapat menghadirkan tampilan desktop dalam bentuk kotak kubus,atau berpindah dari satu window lainya dalam mode kubus.Untuk mengaktifkan efek ini beri tanda centang pada plugins desktop cube dan rotate cube yang terdapat di kategori desktop/

Mengaktifkan Desktop Cube

1.Melakukan rotasi cube . Tekan Ctrl + Alt + (click kiri mouse ke window dan gerakan)
2.Berpindah ke workspace lainya. Tekan Crl + Alt+ Down / Arrow


Thank's
By:Mr.Gm

Read rest of entry

Monday, March 22, 2010

Teknik Evaluasi Pada Sistem Interaksi

          
    Teknik evaluasi pada sistem interaksi adalah untuk melihat apakah hasil rancangan dengan proses uji coba sistem yang telah dibuat sesuai dengan permintaan pengguna (user) atau apakah hubungan antar kedua sistem yang berhubungan dapat saling dimengerti.



Ada 3 tujuan utama dari teknik sistem evaluasi :

1.Melihat seberapa jauh sistem berfungsi.

    Desain system memungkinkan user melakukan tugas yang dibutuhkan denganlebih mudah. Ini tidak hanya membuat fungsionalitas yang sesuai ada di system, tetapi membuat mudah dicapai oleh user, user dapat melakukan aksi untukmelaksanakan tugas. Juga mencakup kesesuaian penggunaan system terhadapharapan user pada tugas tersebut. Evaluasi pada tahap ini meliputi pengukuranunjuk kerja dari user pada system, untuk melihat keefektifan system dalam mendukung tugas.

2.Melihat efek interface bagi pengguna.

    Ini mencakup pertimbangan aspek dari kemudahan system dipelajari, usability dan perilaku user. Penting juga untuk mengidentifikasikan area desain yang berlebih dari user, dengan menggunakan sejumlah informasi yang berlebih.

3.Mengidentifikasi problem khusus yang terjadi pada system

    Ketika menggunakan konteks yang diinginkan menyebabkan hasil yang tidak diinginkan, atau terjadi kekacauan diantara user. Ini tentunya berhubungan dengan usability dan fungsionalitas dari desain (bergantung pada sebab masalah). Tujuan ini merupakan aspek negative dari desain.
Sumber : Google.com , Blog-indonesia.com


Read rest of entry

Model - Model Sistem Interaksi

    Model-model sistem interaksi merupakan suatu bagian yang sangat penting dalam suatu sistem uyang saling berhubungan . Suatu model dapat dikategorikan dari segi jenis, dimensi, fungsi, tujuan pokok keabstrakannya. 

Model-model sistem dapat dibagi menjadi 4 bagian yaitu :

1.Model ikonik
2.Model analog
3.Model Simbolik
4.Model Matematis


Untuk Lebih jelasnya dapat anda lihat dari penjelasan di bawah ini :

a. Model ikonik

    Model ikonik adalah perwakilan bentuk fisik dari suatu hal yang baik dimana saling seimbang atau ideal dalam skala yang berbeda. Karakteristik yang dimiliki sama dengan yang diwakili dalam waktu peeristiwa yang spesifik juga. Model yang satu ini dapat berdimensi dua anatara lain foto, peta, dan lain sebagainya. Ataupun berdimensi tiga (protosip mesin, alat), sedangkan jika lebih dari dimensi tiga tidak bisa dikonstruksikan secara fisik, sehingga memerlukan kategori yang simbolik.

b.Model analog 

    Model yang satu ini dapat mewakili situasi yang dinamik, dalam arti kondisinya dapat berubah-ubah tergantung waktu. Model analog biasanya digunakan untuk menjabarkan hubungan kuantitatif anatara sifat dan kelas-kelasnya yang berbeda.Contoh: kurva permintaan serta diagram alir.

c.Model Simbolik 

    Ilmu sistem memusatkan kepada model simbolik sebagai perwakilan realita yang sedang dikaji. Format model simbolik dapat berupa angka, simbol maupun rumus. Jenis model simbolik pada umumnya dipakai dalam suatu persamaan, dimana bentuk persamaan tersebut harus tepat, singat, dan mudah untuk dipahami. Suatu persamaan dapat dikatakan bahasa yang universal (luas) pada penelitian dari suatu operasional dan ilmu sistem, dimana berkaitan dengan logika simbolis.

   Pada umunya model matematis dapat dikelompokkan menjadi dua bagian. Suatu model adalah bisa statis atau dinamis. Model statis memusatkan pada titiktunggal dari waktu, sedangkan model dinamis menelusuri jalur waktu dan peubah-ubah model. Model dinamik lebih rumit dan mahal dari segi pembuatannya, namun memebrikan kekuatan yang tinggi pada saat analisis dari dunia nyata.

d.Model Matematis

  Ada dua bentuk model matematis yang biasa digunakan ,yaitu model matematis desktriktif dan model matematis normatif.

a.Model Matemeatis Deskriptif

  Suatu model yang mendeskriktifkan beberapa aspek dari sistem yang di modelkan,seperti keadaann pada masa datang atau karakteristik operasi.

b.Model Matematis Normatif

  Model untuk mengambil keputusan dar suatu masalah yang harus diputuskan satu atau lebih pembuat keputusan.Adapun beberapa masalah dasar yang terdapat dalam setiap pengambila keputusan adalah sebagai berikut  :

1.Peubah Keputusan
2.Fungsi Tujuan
3.Kendala 

Sumber :

google.com
Bing.com

Read rest of entry

Friday, March 12, 2010

Download super fast with the command lftp in ubuntu linux

     Simply capitalize a terminal window and lftp program, we've got a manager download manager and download accelerator that can suck all the bandwidth capacity (bandwidth) that you may have. I've felt myself speed capabilities Linux download manager on this one, even as other weekly managers can only boost the speed of 1kb / s to 10KB / s speeds lftp able to get above 50KB / s. Even I have tried to download a movie using the wireless facility in the university Gunadarma and download speeds reaching 2MB / s believe it or not I've felt it, but please note that all other internet activity going dormant and standstill because of this single tool. 


     To try to use lftp command is follow the steps below, this way I normally use on campus to download a movie or song download very large capacity: 


1. Open your terminal 


2. Typing the following command 


lftp-c "pget-c-n 100 http://blankon.cbn.net.id/blankon10022005-1.0.iso "


Explanation: 


lftp-c:-c option means that we call a certain command that is supported by lftp, orders entered in double quotes 


pget: this command to get a file with a lot of connections at once 


-c:-c option on the pget useful to continue weekly 


-n 100: pget tells this option to use as many as 100 connections, the manual pget said himself that this option will greatly affect the overall connection Since this tool is very greedy bandwidth if it's good colleagues to use it wisely so as not to interfere with Internet connection in the network.


Source :id.wordpress.com


Thank's
By:Mr.Gm
Read rest of entry

Download Super Cepat dengan lftp di ubuntu linux

Cukup bermodalkan sebuah jendela terminal dan program lftp, kita sudah mendapatkan sebuah pengelola download manager dan download accelerator yang mampu menyedot semua kapasitas lebar pita (bandwidth) yang anda miliki. Saya sudah merasakan sendiri kemampuan kecepatan download manager Linux yang satu ini, bahkan saat pengelola unduhan lain hanya mampu menggenjot kecepatan antara 1KB/s s.d. 10KB/s lftp mampu mendapatkan kecepatan diatas 50KB/s.Bahkan saya telah mencoba mendownload sebuah film menggunakan fasilitas wireless yang berada di kampus saya dan kecepatan downloadnya mencapai 2MB/s percaya atau tidak saya sudah merasakanya , Tapi harap diingat bahwa semua aktivitas internet lain akan terbengkalai dan macet total karena perkakas satu ini.

Untuk mencoba menggunakan perintah lftp tersebut ikuti langkah di bawah ini ,cara ini biasa saya gunakan di kampus untuk mendownload film atau lagu yang kapasitas downloadnya sangat besar :

1. Buka terminal anda

2.Ketikan perintah dibawah ini 

lftp -c "pget -c -n 100 http://blankon.cbn.net.id/blankon10022005-1.0.iso"

Penjelasan:

lftp -c: opsi -c berarti kita memanggil perintah tertentu yang didukung oleh lftp, perintah dimasukkan dalam tanda kutip ganda

pget: perintah ini untuk mendapatkan sebuah berkas dengan banyak koneksi sekaligus

-c: opsi -c pada pget berguna untuk melanjutkan unduhan

-n 100: opsi ini memberitahu pget untuk menggunakan koneksi sebanyak 100, manual pget sendiri mengatakan bahwa opsi ini akan sangat mempengaruhi koneksi secara keseluruhan
Karena perkakas ini sangat rakus lebar pita maka ada baiknya jika rekan-rekan menggunakannya secara bijaksana agar tidak mengganggu koneksi internet di jaringan. 

Referensi : id.wordpress.com

Thank's
By:Mr.Gm

Read rest of entry

Wednesday, March 3, 2010

Mengembalikan GRUB bootloader yang hilang pada Ubuntu Linux

    Tutorial ini akan menjelaskan bagaimana mengembalikan grub setelah menginstal Windows 7/Vista/Xp. Jika anda menggunakan dual boot PC dengan jendela, Ubuntu karena alasan tertentu anda instal ulang windows Anda sekarang Anda mungkin tidak melihat grub 2 adalah loading karena instalasi windows Anda mungkin sudah selesai ditulis MBR (Master boot record).
     Hal ini biasanya terjadi jika instalasi Ubuntu tidak beres, atau ketika Windows bootloader menimpa MBR dan tidak mengenali instalasi Linux. Maka kita harus mengembalikan GRUB bootloader agar dapat booting kedalam Linux


Untuk mengatasi hal tersebut ikuti ,langkah-langkah di bawah ini :


1 Pertama-tama kita harus mempersiapkan Ubuntu Live CD, jika ngga punya bisa juga menggunakan bootloader dari flash disk


2 Kemudian ubah settingan pada BIOS, CD atau flash disk pada urutan pertama (first boot option)


3 Jika PC Anda sudah diset untuk boot ke CD-ROM, Anda bisa menunggu sampai layar pilihan boot Ubuntu muncul pilih saja Try Ubuntu (without any change on your computer)


4 Setelah masuk Live CD Desktop jalankan Terminal dengan meng-klik menu Applications > Accessories > Terminal


5 Cek partisi Linux kita dengan menggunakan perintah


    $ sudo fdisk -l


6 Masuk dalam GRUB, perintahnya


    $ sudo grub






7 Selanjutnya lakukan langkah berikut :


   $ grub> find /boot/grub/stage1


misalkan didapatkan hasil (hd0,6), ini adalah informasi yang akan kita gunakan untuk mensetup pada tahap selanjutnya.


8 Kemudian melakukan setup instalasi GRUB :


    grub> root (hd0,6)
    grub> setup (hd0)


9 Jika proses installasi sudah selesai, keluar dari shell GRUB.


    grub> quit


10 Jika tidak ada pesan error maka setelah Anda melakukan Reboot, bootloader akan kembali seperti semula. 


Sumber : http://masiqbal.net


Thank's
By:Mr.Gm
Read rest of entry

How to restore grub boot-loader after installing windows

     This tutorial will explain how to restore Grub after installing Windows 7/Vista/Xp.If you are using dual boot PC with windows,Ubuntu for some reason you reinstall your windows now you may not see your grub 2 is loading because your windows installation might have been over written MBR (Master boot record).

To overcome this, follow the steps below:

1.First of all we must prepare for the Ubuntu Live CD, if the guns could have also used the bootloader from flash disk

2.Then change the setting in the BIOS, CD or flash disk in the first place (first boot option)

3.If your PC is set to boot to the CD-ROM, you can wait until the Ubuntu boot options screen appears select just Try Ubuntu (without any change on your computer)

4.After entering run the Live CD Desktop Terminal by clicking on the Applications menu> Accessories> Terminal

5.Check our Linux partitions using the command

  $  sudo fdisk-l

6.Log in GRUB, command

   $ sudo grub


7.Then do the following:

    grub> find  /boot/grub/stage1

RESULTS suppose (hd0, 6), this is the information we use to set up at a later stage.

8.Then the GRUB installation setup:

    grub> root (hd0, 6)
    grub> setup (hd0)

9.When the installation process is complete, exit the GRUB shell.

    grub> quit

10.If there is no error message then after you do reboot, the bootloader will return as before.

Source :http://www.masiqbal.net

Thank's
By:Mr.Gm
Read rest of entry
 

My Room Temperature

My Pressure

My Humidity