Your Ad Here

Friday, February 19, 2010

Instalasi XAMPP

http://www.apachefriends.org/en/xampp-linux

Jika menginginkan integrasi Apache web server,MySQL database server ,dan PHP/PERL dalam satu paket,anda dapat menginstalasikan XAMPP.

XAMPP merupakan paket aplikasi web server yang bersifat free dan lintas platfrom dimana di dalam paketnya terdiri atas paket Apache HTTP Server,database MySGL,dan paket inteprenter untuk skrip yang ditulis dalam bahasa PHP atau PERL.

Untuk menginstalasikan XAMPP di ubuntu 9.14 atau 9.10 ,pastikan kalau service apache dan database server MySQL,sudah tidak berjalan.Atau jika paket Apache dan MySQL sudah terinstalasi,Anda dapat mematikan dahulu service Apache dan MySQL dengan menggunakan perintah berikut :


$ sudo /etc/init.d/apache2 stop


$ sudo /etc/init.d/mysql stop


Download installer XAMPP untuk linux.download versi terbaru dari XAMPP di (http://www.apachefriends.org/en/xampp-linux).


Setelah ter-download login sebagai root ,pindah ke direktori tempat anda menyimpan installer XAMPP,lalu exstrak file tersebut ke direktory /opt .


$ sudo tar xzvf xampp-linux-1.7.3a.tar.gz -C /opt


Setelah file XAMPP terekstrak ke direktori /opt,Anda dapat segera menjalankan service XAMPP dengan menggunakan perintah berikut :


$ sudo -l
# /opt/lampp/lampp start


Agar service XAMPP dapat berjalan secara otomatis,Anda dapat mengcopy file service XAMPP ke /etc/init.d,lalu buat simbolik link untuk service tersebut agar di default run level 

$ sudo -l
# cp /opt/lampp/lampp /etc/init.d/lampp
# ln -s /etc/init.d/lampp /etc/rc2.d/s86lampp
# ln -s /etc/init.d/lampp /etc/rc3.d/s86lampp


Setelah service XAMPP berjalan baik,Anda dapat memastikan apakah XAMPP sudah berjalan dengan baik dengan mejalankan web browser,lalu pada halaman url-nya ketikan http://localhost .




sumber : koran PC-MILD edisi /7/2009


Thank's
By.Mr.Gm



0 komentar:

Post a Comment

 

My Room Temperature

My Pressure

My Humidity